Sunday, 22 November 2015

Full Review : Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

 

Halo semua, apa kabar?
Sudah baca post saya tentang kesan pertama face wash dari Hada Labo?
Kalau belum bisa cek dulu disini ya
Akhirnya bisa menulis full review dari face wash yang saya sangat suka ini. Well disini akan lebih banyak lagi cerita yang saya bahas dibanding kesan pertama.
Saya sudah pakai face wash ini sebulan lebih, dan awal bulan November harusnya  buat review, cuma meleset karena "m-a-l-a-s". Face wash ini saya gunakan hampir setiap hari, pagi dan malam (sebagai second cleanser tentunya setelah primary cleanser yaitu Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil)
Lanjut..


Expired Date ada di bar bagian atas

Tidak ada deskripsi di produk face wash ini di bagian belakang, hanya terdapat kalimat "Melembabkan sekaligus mengangkat kotoran dan minyak dari kulit" atau di bagian depan tertulis dalam bahasa Inggris "Removes Dirt and Provides High Hydration for Supple and Soft Skin". Selain itu 2 kata terakhir hampir sama dan selalu hadir di semua produk Hada Labo. Minimalis.
Untuk expired date ada di bar diatas garis hitam. Disini saya dapat bulan Mei tahun 2018.

Keunggulan Hada Labo face wash ini :
* Mengandung 2 tipe asam hialuronat yaitu Improved Hyaluronic Acid dan Hyaluronic Acid Derivate yaitu Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate sehingga kulit tetap halus, lembut dan tetap elastis.
* Tidak menggunakan zat yang tidak dibutuhkan kulit seperti pewangi, pewarna, mineral oil dan ethanol
* Sesuai dengan pH kulit (sekitar 5,5) dan tingkat iritasi rendah



Packaging face wash ini dikemas dalam tube plastik tebal dilengkapi dengan tutup flip top. Bulky, tidak travel friendly (saya males bawa face wash yang pump tanpa dilengkapi tutup, sudah biasa tuh bocor di tas hehehe :) tapi next time akan saya coba yang foaming wash) dan juga kalau dipaksakan bisa bocor lagi jika tidak dikencangkan tutupnya terlebih dahulu. Kemasannya juga sederhana, hanya berlatarkan warna putih mutiara dengan tambahan warna hijau biru dan warna lain yang sangat matching.

Sayangnya tidak transparant jadi tidak bisa melihat sisa di dalamnya dan minusnya lagi tidak dilengkapi segel / lid jadi tidak mengetahui apakah produk ini sudah dicoba oleh orang lain atau masih baru. Lubang face washnya sendiri masih terlalu besar menurut saya.




Warna face washnya standar dengan face wash lain, putih mutiara juga. Face wash ini tidak memiliki warna karena Hada Labo tidak menambahkan pewarna. Tapi yang unik adalah tekstur dari face wash ini yaitu semi-gel creamy. Mirip banget dengan tekstur snail cream gitu; slimey dan licin :)





Cara pemakaian yang dianjurkan pada packagingnya adalah :
Tuangkan Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash secukupnya pada telapak tangan. Usapkan ke seluruh wajah secara perlahan dan merata. Bilas dengan air. Hindari daerah mata, jika terkena mata segera bilas dengan air hingga bersih
Saya setiap menggunakan face wash selalu menggunakan foamingnya, bukan langsung dari tubenya. Memang sih lebih cepat dan efisien, tapi di saya selalu buat jerawat kalau tidak membuat foam.
Nah, busa dari face wash ini bouncy banget, tapi tidak full / penuh sehingga kalau kita balikkan telapak tangan, pasti dia bakalan jatuh :(

Sudah saya katakan kalau face wash ini selalu saya gunakan setiap hari, efeknya yang pertama kali terasa adalah : bersih dan licin. Saya tahu, sebagian orang pasti ngerasa kurang bersih kalau misalnya finishing effect dari cleanser seperti ini. Tapi, 10 menit setelah menggunakan face wash ini baru deh terasa lembab dan lembut. Terus wajah juga terasa bouncy dan tidak terasa kering ketarik. Lalu, untuk efek meredakan jerawat, mengurangi minyak berlebih, mengangkat kotoran dan sebagainya di saya standar seperti face wash lain tetapi hebatnya tidak menambah jerawat sedikitpun!
Klaim produknya? Oke, benar benar sesuai dengan ekspektasi. Sempurna.
Tetapi ya, ini hanya face wash, enggak lebih.

Bagaimana dengan kekuatan untuk menghapus makeup? saya tidak menggunakan makeup looh hehehe :)


Aroma face washnya, saya menebak mirip dengan minyak kelapa tapi samar kok. Dan memang benar jika dilihat dari komposisi face wash sendiri yang mana surfaktannya dibuat dari ekstrak kelapa. Tidak ada aroma lain yang tercium dalam hidung saya, tapi dengan begini membuktikan kalau Hada Labo benar benar tidak menggunakan bahan yang tidak dibutuhkan kulit, contohnya pewangi / parfum / fragrance maupun essential oil / fragrance oil.



Ingredient : Sodium Cocoyl Glycinate, Glycerin, Cocamidopropyl Betaine, Butylene Glycol, Potassium Cocoyl Glycinate, Hydroxypropyl Starch Phosphate, Decyl Glucoside, Water, PEG-400, Sodium Lauroyl Aspartate, Sodium Steaoryl Glutamate, Glyceryl Stearate SE, PEG-32, Polyquartenium-52, Citric Acid, Polyquartenium-7, Lauric Acid, Stearic Acid, Methylparaben, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Propylparaben, BHT, Disodium EDTA, Hydroxypropyl Methylcellulose, Sodium Acetylated Hyaluronate.
* Warna merah adalah pengawet, sedangkan warna biru adalah humektan.
Nah berbeda dengan kesan pertama, disini saya masih melihat Sodium Lauroyl Aspartate yang mana masih ada kerabat dengan SLS maupun SLES. OMG!
Disini juga terlihat beberapa INCI (International Nomenclature of Cosmetic Ingredients) surfaktan dari ekstrak kelapa, tebak yang mana? Iya, yang ada tulisan "Coco" seperti Sodium Cocoyl Glycinate dan Potassium Cocoyl Glycinate. Hati - hati untuk yang comedo-genic maupun yang rentan akan clog-pores
Masih ada paraben juga untuk yang "kaum-anti-dengan-paraben". Tapi untuk saya pribadi, tidak masalah. Karena pengawet itu adalah benda, dimana dia tidak berbuat buruk untuk kulit dan kehadirannya pun tidak bermasalah untuk formulasi.




Gambar 1
Gambar 2

Hampir sedikit lagi selesai kok postingannya hehe :) Nah kali ini saya akan sedikit revisi tentang pH dari cleanser ini baik dibusakan maupun tidak dibusakan.
Gambar 1 di test dengan foaming Hada Labo. Hasilnya didapat pH 6. Mungkin pHnya tinggi karena ditambah air terus menerus dan juga ditambah pH dari tangan.
Gambar 2 di test langsung dari tube Hada Labo. Hasilnya didapat pH 5 - 6. Sama seperti kesan pertama saya.


Positif :
+ pH netral / balance
+ Karena pH netral / balance, maka tidak merusak acid mantle
+ Mild surfaktan
+ Tidak mengandung zat yang tidak berguna di kulit
+ Melembabkan setelah cuci muka
+ Squeaky clean tapi tidak membuat wajah kering ketarik
+ Mudah ditemukan di mana saja dan tidak perlu PO
+ Murah harganya, hanya 30rb untuk 100gr
+ Busanya banyak (dengan bantuan foaming net)
+ Membuat kulit oily dehydrated saya berubah menjadi kombinasi
+ Aman untuk ibu hamil / menyusui (tapi lebih baik konsultasi ke Obgyn-nya ya:))
+ Tidak menambah jerawat dan efek buruk lain pada wajah 

Netral :
? Mengandung derivatif surfaktan dari kelapa, takut menimbulkan komedo
? Mengandung paraben
? Wangi minyak kelapa 

Negatif :
- Packaging tidak transparan
- Masih mengandung SLA
- Bulky, tidak travel friendly
- Rentan bocor jika tidak di kencangkan tutupnya saat traveling
- Tidak ada segel / lid pada kemasan, jadi konsumen tidak mengetahui apakah ini brand new atau sudah dipakai
- Lubang face wash terlalu besar
Kriteria penilaian :
* 1 = Saya tidak akan pernah untuk repurchase, bahkan sampai reformulasi sekalipun
* 2 = Saya hampir suka dengan barang ini tapi jika di reformulasi
* 3 = Saya suka dengan barang ini, tapi efeknya biasa saja
* 4 = Saya akan berfikir berulang kali untuk mengganti barang ini
* 5 = Sempurna! saya menemukan barang yang tepat sampai barang ini discontinue
Nilai untuk produk ini adalah : 4
Face wash ini sangat saya sukai dan saya tidak segan untuk memberi nilai 5 apabila :
> Bebas dari SLS, SLES, ALS, SLA
> Mempunyai pH asam yaitu 3 - 4 mengingat di Indonesia sendiri sangat sulit mencari cleanser dengan pH asam
> Packaging dibuat transparan
> Repackaging dan ditambahkan segel / lid 

Recommended? Iya, rekomen banget
Repurchase? Selalu, bahkan saya selalu stock tiap beli

Terima kasih sudah membaca full review tentang face wash kesukaan saya ini :)

12 comments:

  1. Eh, buat combination skin cocok ya? Mayan nih buat pilihan.

    ReplyDelete
  2. Bisa banget zi, saya yang oily karena dehidrasi pun malah berubah jadi kombinasi. Tapi pastikan kalau kulit mu itu enggak rentan clog-pores dan comedo-genic.

    ReplyDelete
  3. Kak, kalau ini aku gak pake spons (eh apa namanya?) aku langsung apply ke muka, boleh gak sii?

    ReplyDelete
  4. konjac sponge maksudnya kakak? boleh aja sih, tergantung selera. saya juga kadang kalau lagi berhemat suka langsung ambil terus dibusain dulu di tangan. Foaming net atau konjac sponge cuma biar tambah seru aja, busanya banyak tapi bikin boros.

    ReplyDelete
  5. halo aku mau tanya^^ kalo kulit wajahmu lagi berjerawat tetep pake face wash ini atau switch ke face wash lain? dan gantinya apa ya?^^
    Terimakasihh

    ReplyDelete
  6. halo aku mau tanya^^ kalo kulit wajahmu lagi berjerawat tetep pake face wash ini atau switch ke face wash lain? dan gantinya apa ya?^^
    Terimakasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab. Aku berjerawat tp pake ini gpp kok kak.. yg paling penting jaga kebersihan muka aja.. facewash ini bikin kulit jadi lebih baik :)

      Delete
  7. Aku juga pake ini kak hampir 2 bulan ini. Sebelumnya aku pakai yg shirojyun. Tp yg ini lebih lembab ken ada moisturizingnya. :) nice review kak!! Main ke blogku ya kak.. allreviewthinks.blogspot.com makasih kakak ^♡^

    ReplyDelete
  8. Kak, kalau untuk yg ada jerawat pasir gimana? Sblm nya aku pake clean and clear acne cleanser, awalnya bagus tp lama lama nimbulin jerawat pasir *entah ini emg bener efek nya atau bukan. Aku mau coba yg hada labo ini, tp takut:(

    ReplyDelete
  9. Bisa tdk untuk kulit kering & bruntusan

    ReplyDelete
  10. Hi... Dan wow, review nya sngt comprehensive,
    Boleh request ga?? Review produknya mineral botanical boleh???

    Anyway thanks udah sharing yaa...
    It's really helpful 😉

    Xx, lily

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana kami. Kami berharap kamu bisa mendapatkan info yang berguna dan bermanfaat. Komentar berupa kritik dan saran sangat kami apresiasikan.
Share, join, dan ikuti perkembangan blog ini terus ya :)