Wednesday 30 September 2015

Serba Serbi Bekas Jerawat 1: Noda Bekas Jerawat. [beserta Penampakan, Tips Menutup dan Mengusirnya]

Judulnya semi-semi pengusiran roh gaib ya? Ah sayang bekas jerawat tuh ga gaib yah, malah nyata. Kelewat nyata malah. Yuk disimak Beauty Topics kali ini

Jerawat itu musibah yang terasa tiada akhir. Abis jerawatnya beres, tertinggalah bekas bekasnya yang sama nyusahinnya, Or even lebih nyusahin.
Bekas jerawat sendiri banyak macemnya. Secara garis besar, ada dua macem. Berupa kerusakan pigmentasi (discoloration)  dan kerusakan tekstur kulit.


Di Post ini kita bahas jenis Kerusakan Pigmentasi/Discoloration/Acne Marks 
Banyak yang menyalahpersepsikan Acne Marks dengan Acne Scars. Acne marks dan acne scars itu beda wujud. Acne Marks gak menyebabkan perubahan tekstur kulit, hanya menyebabkan perubahan warna. Tapi, memang, karna warnanya yang belang bentong dengan warna kulit, kulit keliatan ga sewarna dan sekilas kayak gak mulus, tapi kalau dibawah sinar matahari, bisa keliatan kalo tekstur kulit ga menonjol/cekung ke dalam, hanya berubah warna.

Bagian I: Penampakan

Ada dua jenis discoloration:


1. Post Inflammation Hyperpigmentation (PIH)


Adalah bekas gelap/noda gelap di titik bekas luka jerawat. Ini disebabkan produksi melanin (pigmen pewarna kulit) yang berlebihan di titik luka. Biasanya muncul di skin tone yang lebih gelap, karna kulitnya lebih tajir pigmen. Tapi di atas itu, contoh dark marks di skin tone terang. Itu di kulit orang ras kaukasian yang pigmennya cenderung lebih terang dari orang asia, jadi ya gak gelap gelap amat tapi yang jelas lebih gelap dari kulit asli.

2. Post Inflammation Erythema (PIE)

Adalah noda kemerahan/pink di titik bekas luka jerawat dan sekitarnya. Ini biasanya muncul di orang berkulit terang, tapi ga menutup kemungkinan muncul di kulit gelap juga dengan sedikit variasi warna. Biasanya di kulit gelap, ga merah/pink tapi agak coklat muda. Yang ngeselinnya noda merah ini sekilas mirip jerawat aktif. Dan kadang-kadang (malah seringnya) nangkring lebih lama di muka, bikin keliatan lagi jerawatan terus walaupun jerawatnya sendiri udah ga ada.


Bagian II: Penyamaran

Iya, baik PIH maupun PIE bisa ditutupin pake makeup.

Banyak kok tutorialnya di youtube. Misalnya ini . Kalo mau nyari tutorialnya, bisa pakai kata kunci semacam, "acne coverage makeup" atau "covering acne scars".  Kalo butuh tutorial ala penulis,  request lewat di comment blog ya :)

Baik PIH dan PIE bisa ditutup dengan Concealer dan Foundation. Pilih yang sesuai warna kulit ya. Jangan gunakan concealer yang lebih terang/bersifat mencerahkan (biasanya concealer untuk under eye bersifat mencerahkan, jadi usahakan jangan pakai concealer under eye untuk noda jerawat juga ya kalau terangnya jauh banget dari warna asli kulit), karena malah semakin menonjolkan bekas jerawat dan bisa keliatan kayak panu.


Ngga mesti concealer yang mahal kok. Saya pake La Girl HD Pro Conceal - 50rb (Harga PO pertengahan 2015), beli di IG @orderatmooi.

Cara saya makenya, ditotol  di bekas jerawat dan sekitarnya dikit, lalu di blend pelan2 dari sekeliling noda jerawatnya, Jangan mulai blend dari tengah2 nodanya, supaya coverage di daerah noda jerawat tetep paling tebel.  Atau, bisa ikut cara kayak gini juga. Mana yang cocok aja. Cocok sama keberadaan alat, kebiasaan, kemauan, sama suasana hati juga bolehlah.

Untuk PIE, kalau merah banget, bisa dinetralisir dulu dengan concealer kehijauan. Kenapa kehijauan?
Itu sih dari hasil teori bahwa warna yang bersilangan di roda warna, bisa saling menetralkan.
Ini nih roda warna:

Liat kan warna merah dan hijau berseberangan? Kalo noda jerawat kamu lebih keunguan, bisa pake concealer yang kekuningan. La Girl HD Pro Conceal sekarang juga udah ada yang warna ijonya. Brand lokal juga ada yang ngeluarin, ngga mesti mahal juga kok. Saya baca disini nih, ada komplit sama tutorial cara pakenya.


Kalo yang sempet saya pake itu palet keluaran make over ini, enak deh satu palet ada beragam warna concealer dasar (yang jingga itu bisa buat netralisir dark circle di bawah mata,yang ungu agak jarang saya pake sih cuma efeknya mencerahkan. mungkin bisa buat base highlighter) yang kebetulan warnanya cocok buat kulit saya. Udah sama brushnya pula, walaupun buat saya brushnya terasa macam akupuntur ringan. Brushnya tajem bok, mending pake kuas lain yang lebih lembut, cutton bud ato semurah murahnya jari sendiri (kalo gaada yaudah jari orang juga gapapa deh, asal minta tolong baik-baik ya) yang udah bersih, inget ya bersih, situ mau jerawatan lagi?)

Cara mentupinya bisa ikut cara disini tadi. Pake dulu tipis-tipis concealer hijau di noda kemerahan, blend sampai jadi terlihat agak memutih, baru timpa dengan concealer/foundation yg sesuai warna kulit. Kalo mau liat cara ala saya, boleh kok, request aja di comment ya :3 *banci comment*

Bagian II: Pengusiran

PIH pada dasarnya adalah kebanyakan melanin. Jadi bisa pakai produk-produk yang menghambat produksi melanin. Misalnya, yg kontroversial nih, Hidrokuinon ato merkuri. Tenang, jangan ingat reportase berita penggerebekan krim oplosan dulu. Ada kok krim berhidroquinon yang dijual sesuai dengan kadar yang dibolehkan. Biasanya dalam formulanya, dikombinasikan dengan exfoliant/bahan keratolitik/yang memicu pengelupasan. Supaya meresap lebih dalam dan mempercepat pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat, bisa lihat penjelasannya disini .


Kedua produk keluaran Paula's Choice ini ditujukan untuk menghilangkan noda gelap termasuk hiperpigmentasi akibat peradangan jerawat. Yang satu diformulasikan dengan BHA (Beta Hydroxy Acid), yang satu diformulasikan dengan AHA (Alpha Hydroxy Acid) , tapi kedua-duanya mengandung Hydroquinon yang diagungkan di penjelasan produknya sebagai "gold standard skin-lightening ingredient" . Produk ini dijual di USA, kalau mau beli ya paling PO lewat online shop yang nerima PO barang-barang USA, semacam IG @orderatmooi, atau kadang-kadang ready juga di online shop yang jual produk-produk USA, misalnya IG @ninoskincare, @smooth,ly , dan lain-lain. Harga sample dalam kemasan sachet-nya sekitar 30ribuan, kalo kemasan full size nya mungkin 400ribu an kalo sudah masuk Indonesia. Harga pastinya silahkan cek ke toko yang bersangkutan aja ya, eike ga jual sis.



Kalau di Indonesia, ada Refaquin, keluaran PT SDM (Perusahaan pembuat obat di Indonesia). Petunjuk dasar pemakaiannya bisa diliat disini juga. Harganya sekitar 60ribuan seinget saya. Ini golongan obat keras, tapi yaaa di apotik-apotik dijual bebas aja tuh. Jadi hati-hati ya makenya, Ikuti cara pakai dari brosur yang ada. Tipis-tipis aja dan cukup di spot bekas jerawatnya aja, ga usah semuka apalagi sekulit-kulit kepala. Refaquin ini mengandung tretinoin juga, yang membantu mempercepat regenerasi kulit (bersifat agak keratolitik alias memicu ganti kulit/pengelupasan), jadi kalo kamu sensitif/alergi sama tretinoin dan bahan lain di salep ini, ya jangan dipake ato konsultasi ke dokter dulu. Saya pernah pake, lumayan ngaruh kok, maafkan saya lupa mendokumentasikan. Kira-kira hasilnya terlihat setelah 6 minggu pakai. Karna pakenya cuma dikit buat di muka, suka saya oles ke bekas-bekas luka yang menggelap di bagian tubuh lain juga. Lumayan, sekali beli banyak gunanya. 

Selain hidroquinon, banyak kok cara lain menghilangkan PIH yang lebih tidak kontroversial. Bisa dengan bantuan produk pengelupas halus/exfoliant seperti AHA dan BHA yang dibantu dengan produk-produk bervitamin C tinggi yang dijual di pasaran, misalnya. Vitamin C sudah terbukti secara ilmiah membantu mencerahkan kulit. Jadi, nanti kulit baru yang muncul setelah terkelupas lebih cerah, jadi lama kelamaan nodanya pudar trus ilang deh. Selain jurnal yang kebuka dari link barusan, banyak kok jurnal lain yang mendukung hasil penelitian ini. Saya pribadi gak meragukan khasiat vitamin C untuk mencerahkan kulit termasuk noda-noda bekas jerawat. Sekarang, banyak banget brand yang ngeluarin serum vitamin C, baik produk lokal maupun produk internasional



Paula's choice, misalnya, punya beberapa produk vitamin C: Ada yg khusus ditujukan untuk melawan dark spot, dengan kandungan vitamin C 25% (foto kanan) dan ada juga yang sifatnya serum booster/pendukung supaya produk lain yang dipake setelahnya bekerja lebih maksimal dengan kandungan vitamin C 15% .



Di pasaran, banyak dijual kok serum vitamin C.  Saya pernah coba Probio C, harganya terjangkau kok, sekitar 60ribuan. Bisa dibeli online, di apotik-apotik/drugstore dan hypermart juga udah ada. Kandungannya vitamin C 10%. Maafkan kelalaian saya mendokumentasikan hasil pemakaian produk ini, but it does help bikin muka cerahan. Di noda bekas jerawat saya kayaknya gak begitu banyak ngaruh, Soalnya, noda bekas jerawat saya kebanyakan PIE juga sih, ngga begitu ampuh kayaknya dilawan pake vitamin C doang. 

Sekarang saya lagi pake bubuk vitamin C yang dikombinasikan dengan Rosehip oil hasil beli di Elea via MarketPlaza Female Daily Forum. Selengkapnya soal vitamin C, dibahas di post lain ya. Mungkin Randy ato Reza yang lebih fasih. 

Vitamin C juga disarankan Tante Paula Begoun untuk membantu menghilangkan PIE. Soalnya, PIE emang lebih rese daripada PIH. Ga bisa tuh pake produk pemutih pasaran yang umumnya bertujuan mencerahkan kulit, soalnya there is nothing to brighten from PIE, secara dia tidak tertutup pigmen kayak PIH. Biasanya produk pencerah kulit pasaran bekerja dengan mengahambat kerja pigmen melanin, sementara, PIE gak terbentuk karna ada melanin


Hasil Pemakaian BHA 9 Sekitar 8 minggu,


Udah gitu, salah-salah kasih bahan keratolitik, PIE justru bisa tambah merah karena iritasi. Kalo pake AHA, kata tante Paula tadi juga kurang efektif karena AHA menjangkau lapisan kulit yang lebih dangkal daripada BHA. Pantesan, saya pake glycore 10 (gambar kiri) kok kayaknya gak banyak ngaruh. Tapi muka saya tambah cerah, dan noda gelap berkurang. Dari pengalaman saya , yang lumayan efektif itu penggunaan BHA 9 keluaran Paula's Choice (Gambar Kanan). Kecil ya gambarnya? itu saya lupa simpen foto aslinya dimana, Kalo mau agak gedean bisa liat di IGnya @smooth.ly kali ya, dulu pernah dijadiin testimoni disitu soalnya saya beli disitu.


Selain Vitamin C dan exfoliant, pemulihan PIE kata tante Paula juga bisa dibantu dengan penggunaan bahan yang meningkatkan komunikasi sel seperti Retinol dan Niasinamida (turunan vitamin B3).  Kalo dari Paula's Choice sih yang terkenal Clinical 1% Retinol-nya ya, kalo untuk alternatif produk buatan Indonesianya sih ada Vitacid keluaran PT SDM yang mengandung asam Retinoic (bentuk lain dari retinol). Untuk asam retinoic, tretinoin dan keluarga retinol lain kayaknya nanti bakal dibahas sama Reza deh :)


Nah, yang paling gampang dijumpai itu niasinamida. Sekarang mulai banyak produk pencerah kulit di Indonesia yang mengandung vitamin B3, misalnya Garnier Sakura White (gambar kiri) yang menjanjikan putih semu pink itu. Lho, bikin PIE tambah merah dong? Bisa jadi. Saya belom pernah coba pake Garnier Sakura White buat mengatasi PIE, tetapi memang penggunaan niasinamida bisa menyebabkan flushing (efek kemerahan) dalam beberapa kasus, terutama bila digunakan bersama jenis vitamin C tertentu. Jadi, kalau memang mau memakai niasinamida bersamaan dengan vitamin C, apalagi kalau tujuannya menghilangkan kemerahan, beri jarak yang cukup antara penggunaan produk ber-vitamin C dan produk bervitamin niasinamida ya. Kalau pilihan lain, bisa dengan menggunakan turunan niacef yang mengandung nicotinamida, seperti Niacef (gambar kanan). Niacef ini murah kok, sekitar 30rban satu tube nya, ada di apotik2. Kalau menurut artikel ini, nicotinamide tidak meyebabkan flushing seperti niacinamide. Tapi untuk amannya sih, selalu beri jarak antar penggunaan produk topikal wajah supaya terserap sempuran dan hasilnya maksimal.

Jangan lupa, pake sunblock! karena semua produk perawatan yang embel2nya lightening ato bersifat keratolitik, termasuk juga semua yg disebutkan diatas, pasti meningkatkan sensitifitas terhadap matahari.

Gitu aja deh. Semoga bekas jerawatnya cepet gaib ya. Yang bekas jerawatnya tipe yang kedua, yang mempengaruhi tekstur kulit, stay tune dan tunggu post berikutnya ya!


Semoga kulit kamu ga sensitif sama kecupan dari aku ini ya!

- Lots lots of love and best wishes for your skin!-

Dede






3 comments:

  1. Wah lengkap banget pembahasannya. Kalau diliat di atas sih jenis bekas jerawatku itu PIE, pantesan susah banget ilangnya, udah berapa tahun ini gak ilang-ilang. Mau pake vitacid males sih karna rasanya it doesnt work at all di mukaku. Pengen nyobain niacef deh jadinya

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah lengkap banget. Terima kasih banyak ya kak. Bekas2 jerawat saya juga PIE sering disangka orang lain sebagai jerawat :) skali lagi makasih yaa bermanfaat bgt, mau nyoba paula choice nih

    ReplyDelete
  3. Shaquilla J. Sanya12 November 2016 at 07:21

    hai kak, terimakasih ya tulisannya sangat menarik untuk dicoba. Aku mau tanya, sehari hari skincare routine ku itu oil cleansing, foam cleansing, toner, serum, moisturizer, terus spf.. nah untuk produk hidrokuinon sebaiknya dipakai setelah step yang mana ya ka?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana kami. Kami berharap kamu bisa mendapatkan info yang berguna dan bermanfaat. Komentar berupa kritik dan saran sangat kami apresiasikan.
Share, join, dan ikuti perkembangan blog ini terus ya :)