Sunday 13 December 2015

Full Review & Multipurpose Skincare : Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion


Multipurpose skincare saya saat ini hanya Hada Labo Gokujyun Lotion. Loh kenapa yang lotion untuk normal to dry skin, padahal kulit saya berminyak? Karena saya sudah cocok dengan yang ini sih, belum coba sebotol pun yang light lotion, swear!
Apa aja sih kegunaan Hada Labo Gokujyun Lotion ini selain menjadi hydrating toner? Nanti akan dibahas yah :)

Hada Labo Gokujyun Lotion? Ehh tunggu dulu, lotion itu apa sih? Ini toner bukan ya? Kok di iklannya enggak pake kapas sih?
Di negara asal produk ini, Jepang, Lotion itu adalah nama lain dari toner tetapi lebih melebabkan tanpa menghilangkan minyak alami di kulit. Iya, ini adalah toner tapi termasuk yang menghidrasi dan menahan kelembaban yang ada di kulit (tetapi wajib untuk menggunakan moisturizer sesudahnya).




Lotion ini mempunyai 3 tipe asam hialuronat yaitu Hyaluronic Acid, Improved Hyaluronic Acid dan Nano-sized Hyaluronic Acid. Deskripsi singkat dari produk ini yaitu "Memiliki tekstur yang ringan di kulit". Tidak ada deskripsi lain.





Lotion ini dikemas dalam botol berbentuk silinder berbahan dasar plastik warna putih mutiara dengan tutup botol flip top. Mulut botolnya sendiri bagi saya terbilang cukup pas untuk mengeluarkan isi lotionnya yang terbilang kental banget, enggak terlalu besar maupun terlalu kecil.

Botolnya masih transparan ya, jadi bisa ngeliat sisa produknya. Tapi sayangnya enggak ada segel atau apapun itu yang menandakan bahwa produk ini sudah dicoba atau masih baru. Dan kemasannya juga bulky, tidak travel friendly karena saya pernah mendapatkan beberapa botol lotion Hada Labo dan cleansing oilnya dengan tutup yang tidak rapat di Hypermart. Akhirnya begitu sampai di rumah bocor kemana mana. Eitss meskipun begitu, dengan tutup flip top membuat produk jadi sedikit tidak terkontaminasi dengan udara.

Di bawah botol terdapat tanggal expired produk, nomor BPOM, dan nomor batch produk. Lagi lagi seperti face washnya, lotion ini tidak dilengkapi dengan segel / lid.



Tekstur dari lotion ini mirip air tapi tidak sama seperti air : runny, kental, lengket (banget!). Bonus lainnya yaitu lotion ini tidak berwarna alias jernih bening gitu.


Sedikit shiny

Cara pemakaian yang dianjurkan pada packagingnya adalah :
Tuangkan Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion pada telapak tangan secukupnya, kemudian usapkan secara merata di seluruh wajah. Tepuk - tepuk kulit wajah dengan lembut. Biarkan hingga meresap. Gunakan pada wajah yang telah dibersihkan dengan menggunakan Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash atau Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Foaming Face Wash
 Setelah di aplikasikan pada wajah, biasanya saya merasa sedikit basah seperti orang kehujanan dan ada efek shiny juga (bukan glowing ataupun dewy). Saya sudah memakai lotion ini hampir 2 tahun, tidak ada efek lain yang saya dapatkan kecuali wajah saya terasa lembab, lembut dan sehat. Bahkan dulu kulit saya yang berminyak berubah menjadi kombinasi ketika saya menggunakan face wash dari brand yang sama.
Psst, lotion ini tidak mempunyai efek untuk menangkan kulit yang sedang iritasi, kemerahan, jerawat, maupun kulit stress tetapi sangat berefek jika kulit kalian mengelupas halus, kering pada bagian kulit tertentu
Oh iya, ada sebuah kasus dimana saya apply lotion ini pada saat suhu kamar. Biasanya akan terlihat basah dan lengket, tapi tidak lama akan menghilang kok efeknya kecuali efek shiny itu. Tapi pada saat apply ketika AC dinyalakan, langsung menyerap, bahkan efek shiny hilang. Apakah kasus ini normal? Tenang, ini termasuk normal, nanti akan dijelaskan pada sesi komposisi ya


Aroma dari lotion ini, hampir unscented alias tidak beraroma apapun. Tapi bagi hidung saya sepertinya ada hint seperti bau lem kertas kali ya.



Ingredient : Water, Butylene Glycol, Glycerin, PPG-10 Methyl Glucose Ether, Methylparaben, Disodium Succinate, Sodium Hyaluronate, Hydroxyethlycellulose, Succinic Acid, Hydrolized Hyaluronic Acid, Sodium Acetylated Hyaluronate.
* Warna biru adalah humektan, sedangkan warna merah adalah pengawet
Dalam lotion ini terdapat 3 macam asam hialuronat yang sudah dijelaskan diatas. Hanya ada 1 pengawet yaitu paraben. Kenapa masih ada pengawet? karena lotion ini bertekstur seperti air dan memang water based yang mana mikroba akan lebih cepat berkembang. Pengawet methyl menurut saya sengaja dipilih karena wide range protection terhadap mikroba sangat tinggi daripada ethyl > propyl > butyl dan yang paling rendah yaitu heptyl (tapi jarang sekali saya melihat pengawet yang satu ini).

Jadi untuk "kaum-kampanye-anti-paraben" mungkin ini bisa menjadi pencerahan :)

Nah untuk komposisi yang bisa menyumbat pori maupun membuat sebaceous filament, sepertinya hampir tidak ada.

Sekarang saya akan membahas kasus dimana saat apply produk ini bisa menjadi sangat cepat menyerap pada udara dingin. Itu dikarenakan humektan (3 asam hialuronat, dan beberapa bahan lain diaas) bekerja menarik air dari dalam kulit pada udara dingin tetapi kering seperti saat kita menggunakan AC sehingga kulit menjadi sangat kering dan menyerap dengan sangat cepat. Tetapi jika kita hanya menggunakan kipas angin / humidifier maka humektan akan menarik air dari udara sehingga terlihat shiny dan kulit terasa lembut lembab.



Lotion ini mempunyai pH sekitar 5 - 6 yang mana sangat sesuai dengan pH kulit. Jadi sangat cocok untuk toner setelah mencuci wajah dengan bantuan kapas (untuk eksfoliasi ringan) atau di tuang langsung ke telapak tangan.

Lalu apa saja multipurpose dari Hada Labo Gokujyun lotion ini? Yuk disimak lagi!

1. Chizu Saeki Methode (CSM)


Lotion ini memang banyak sekali review di beberapa forum / artikel / blog di internet untuk dijadikan lotion chizu saeki methode. Saya tidak pernah menggunakan teknik ini mengingat pemakaian sehari hari saja sudah boros minta ampun :)

2. Facial Mask


Nah, kalau yang ini saya selalu menggunakannya jika ingat. Biasanya saya mencampur beberapa skincare yang bentuknya cair (serum, toner, essence, dll) dalam satu mangkuk lalu tuangkan lotion ini sebanyak 10 tetes dan ambil tablet mask. Diamkan hingga tablet mask menyerap dan mengembang. Lalu di pakai dan diamkan hingga sheet masknya kering. Hasilnya kulit menjadi super smooth dan lembab banget.

3. (Emergency) Lip Balm


Saya hanya menggunakan teknik ini ketika tidak membawa lip balm sama sekali. Kelembaban lotion ini jika digunakan sebagai lip balm darurat hanya bertahan 1 - 2 jam saja, jadi harus sering bolak balik apply tetapi cepat sekali meresap. Nah kalau untuk sehari hari biasanya saya gunakan sebagai base di bibir, setelah itu oles lip balm favorit. Efeknya, lip balm kalian lebih cepat meresap dan lebih tahan lama lembabnya. Di foto, lip balm favorit saya yaitu Nivea Vitamin Shake varian Raspberry and Cranberry

4. Face Oil Emollient


Saya menggunakan lotion ini sebagai emollient ketika mengaplikasikan face oil. Face oil itu kalau di apply pada kulit yang kering susah banget di ratakan, jadi solusinya dipakai pada wajah yang masih basah / lembap. Makanya, jika wajah saya sudah kering karena skincare sebelumnya meresap semua, maka saya menambahkan 2 - 4 tetes lotion ke telapak tangan lalu disusul dengan oil. Saya menggunakan pure facial oil ya dari Mountain Rose Herb atau Garden of Wisdom, bukan dari brand OTC seperti Tarte atau lainnya.

5. Face Mist


Multipurpose terakhir adalah saya menggunakan lotion ini sebagai face mist. Caranya tuangkan air destilasi ke dalam botol 30ml (ukuran botol terserah pembaca ya), tambahkan 10 - 15 tetes Hada Labo. Kalian juga bisa bereksperimen untuk menambahkan seperti facial oil, essential oil atau apapun. Di foto saya mengkombinasikan lotion Hada Labo dengan hydrosol dari Garden of Wisdom.


Positif :
+ pH netral / balance
+ Karena pH netral / balance, maka tidak merusak acid mantle
+ Tidak mengandung zat yang tidak berguna di kulit
+ Melembabkan, melembutkan dan menghidrasi kulit
+ Mudah ditemukan di mana saja dan tidak perlu PO
+ Murah harganya, hanya 31rb untuk 100ml
+ Membuat kulit oily dehydrated saya berubah menjadi kombinasi
+ Aman untuk ibu hamil / menyusui (tapi lebih baik konsultasi ke Obgyn-nya ya:))
+ Tidak menambah jerawat dan efek buruk lain pada wajah
+ Multipurpose banget
+ Lubang lotion pas
+ Tutup flip top, sehingga tidak terlalu banyak udara yang masuk.

Netral :
? Mengandung paraben
? Wangi lem kertas (meskipun unscented)

Negatif :
- Bulky, tidak travel friendly
- Rentan bocor jika tidak di kencangkan tutupnya saat traveling
- Tidak ada segel / lid pada kemasan, jadi konsumen tidak mengetahui apakah ini brand new atau sudah dipakai
- Tidak ada efek lain selain melembabkan
Kriteria penilaian :
* 1 = Saya tidak akan pernah untuk repurchase, bahkan sampai reformulasi sekalipun
* 2 = Saya hampir suka dengan barang ini tapi jika di reformulasi
* 3 = Saya suka dengan barang ini, tapi efeknya biasa saja
* 4 = Saya akan berfikir berulang kali untuk mengganti barang ini
* 5 = Sempurna! saya menemukan barang yang tepat sampai barang ini discontinue
Nilai untuk produk ini adalah : 4
Lotion ini sangat saya sukai dan saya tidak segan untuk memberi nilai 5 apabila :
> Repackaging dan ditambahkan segel / lid
> Quality control setiap botol, apakah sudah tertutup rapat atau belum
> Ditambahkan beberapa komposisi lain seperti keluaran jepang yang sudah bermacam macam :)

Recommended? Iya, rekomen banget
Repurchase? Selalu, bahkan ketika saya membeli lotion ini malah langsung ngambil 3 botol :p

Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan ini :)

6 comments:

  1. Halo, maaf komentarnya harus di moderasi jadi baru di publish sekarang :)
    Iya, selalu repurchase

    ReplyDelete
  2. Aku udah nyoba nih atas saran kakak, buat LIP balm karena gak bawa LIP balm, bibir kering gara2 perawatan paula's choice :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga kak, emang bener nih lotion hada labo bisa banget buat lip balm, tapi gak sampe seharian juga lembabnya. Mungkin kalo kakak lewat toserba bisa beli lip balm dulu disana

      Delete
  3. Murah dan efektif.hydrating toner kecintaan umat!

    ReplyDelete
  4. Hai salam kenal..
    Reviewnya mantep banget. Baru tau klo bisa multipurpose. Asiiikkk saya suka produk yang bisa multipurpose gini.

    https://pidiybello.wordpress.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana kami. Kami berharap kamu bisa mendapatkan info yang berguna dan bermanfaat. Komentar berupa kritik dan saran sangat kami apresiasikan.
Share, join, dan ikuti perkembangan blog ini terus ya :)