Monday 21 December 2015

[TIPS MAKE-UP] Tepung Jagung



Halo! Maaf sudah jarang mengisi disini, karena kesibukan praktik dan jadwal dinas yang random aku jadi kesusahan ngatur waktu. Tapi aku balik-balik bawa kabar gembira nih, aku tau kalian semua sudah pada tau kehebatan tepung jagung buat setting powder, finishing powder, dsb. Karena memang kesempurnaannya yang menyerap minyak di wajah. Tapi, pas aku googling aku nemu "corn stratch bad for skin". What?


Ya bingung aja, udah banyak yang pake, para beauty blogger Indonesia juga kalau aku baca review mereka tentang tepung jagung juga gak ada keluhan, pada amaze semua sama kehebatannya. Nah, klaimnya nih, katanya tepung jagung bisa memperburuk jerawat karena akan membuat bakteri tumbuh subur, dan karena ini "makanan". Bener gak nih? Cari tau sama-sama yuk.

Apa itu tepung jagung?
Tepung yang terbuat dari jagung, (Limas Zi, 2015) hahaha kalau itu semua aku yakin sudah banyak yang tau. Ini nih yang beneran.
Tepung Jagung adalah pati yang didapatkan dari endosperma biji jagung. Tepung jagung merupakan bahan makanan populer yang biasa digunakan sebagai bahan pengental sup atau saus Merriam.
Bagaimana tepung jagung bisa menyerap minyak?
Jadi, tepung jagung itu mempunyai kemampuan menyerap minyak. Hal ini dikarenakan, tepung jagung itu sifatnya absorbent yang mana mempunyai kemampuan untuk menyerap cairan dan minyak. wiktionary.

Efek samping.
Yak, udah macam obat aja ya punya efek samping, tapi memang untuk semua hal kita harus tau efek sampingnya kalau gak ada masalah pada kita yasudah jalankan saja. Untuk efek samping tepung jagung ini yaitu allergic, yang punya alergi gak usah pake ini ya, mungkin bisa ganti tepung beras. Nah, salah dua dari efek sampingnya yaitu bisa memprovokasi tumbuhnya bakteri saat kulit mulai lembab. beautifulwithbrains

Cara bakteri penyebab jerawat tumbuh
Tapi bentar, Propionibacterium acnes itu tingal jauh di dalam folikel dan pori-pori bukan di permukaan kulit, dan P. acnes ini menggunakan minyak, sisa metabolisme, dan selular debris untuk tumbuh. Minyak atau sebum itu kayak sumber utamanya untuk tumbuh.

Dan pemikiranku gini, kalau misalnya tepung jagung menyerap minyak, mengurangi minyak, bukannya malah bagus ya karena sumber utama P. acnes jadi berkurang, dan P. acnes ini tinggalnya jauh di dalam pori-pori. Sedangkan tepung jagung itu powdery, cuman sekedar nempel sebelum ilang lagi. wikipedia & https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15556719

Btw, kalau ada pemikiran lain boleh di taruh di kolom komen ya, karena sayapun juga sedang belajar ^^

Kekuatan absorbent
Mungkin kekuatan absorbent tepung jagung bagi setiap orang itu berbeda-beda, ada yang benar-benar matte seharian, ada yang biasa aja. Kalau di aku bagaimana? Kuakui kalau di aku biasa aja, matte di awal, kalau habis itu ya bakal oily lagi, tapi gak parah-parah banget.

Ini kalau di aku bakal oily lagi setelah 4-5 jam, tapi gak oily yang kayak biasanya. Gak dewy juga, oily kayak biasanya tapi gak parah. Gitulah.

Tips penggunaan tepung jagung untuk Make-up
Ini diaaaa~ jadi, aku punya tips tersendiri untuk tepung jagung ini. Jadi kalian tau teknik baking make-up? Aku sedikit mencontek (atau terinspirasi?) dari sana, sayangnya kalau baking kan didiamkan, nah kalau aku gak bisa, udah keburu telat dan malas untuk dandan lebih awal. Ehe.

Akhirnya aku punya ide. Begini:



1. Pertama pake skincare-mu hingga tuntas, jangan lupa sunblock. Kalau di foto ini aku juga sudah pake concealer


2. Lalu pake tepung jagung tipis di wajahmu, kalau bisa pake brush ya. Kenapa aku pakein tepung jagung? Pikirku buat menyerap minyak sisa moisturizer. Udah kelihatan beda kan?

bukan! Ini bukan mayat hidup.

3. Pake base make-up kalian. Jadi saat pake bbc atau foundation atau cushion, terserah kebiasaannya kalian. Kondisi wajah sudah dalam keadaan matte.


4. Pake tepung jagung lagi buat setting powder.
Tapi di foto ini aku juga sudah dandan pake lipstick, eyeliner, alis.

Kalau pake cara ini hasilnya lebih matte, dead matte, dan kesan make-up juga lebih tebel. Jadi sesuaikan ya dengan foundation, bbc, atau cushion kalian.

Warna
Transculent! Dah, enak kan? Mau pake setebal apapun bebas.


Kesimpulan:
+ Murah, ya secara satu bungkus harganya isinya berapa gram (lupa)
+ Alami
+ Warnanya transculent
+ Dapat mengurangi iritasi

- Sangat, sangat powdery. Siap-siap aja meja rias kalian kayak habis ada salju. Karena gampang berterbangan kemana-mana. Jadi jangan lupa tahan nafas ya saat mengaplikasikan bedak ini.


Make-up:
-BBC Pixy Ochre
-Tepung Jagung as powder
-Just Miss eyebrow as eyeliner and eyebrow
-Just Miss Lipstick Pencil J-5 as lip and blush
-Silkygirl Funky eyeliner frosty silver for waterline

Sekian^^

Bonus fotoku pas mau jalan *ganti kerudung*

1 comment:

  1. Si cantik! Muka gw dry ih jd agak ngeri mau make. Dia bikin whitecast ga zi kalo difoto?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana kami. Kami berharap kamu bisa mendapatkan info yang berguna dan bermanfaat. Komentar berupa kritik dan saran sangat kami apresiasikan.
Share, join, dan ikuti perkembangan blog ini terus ya :)