Sunday 3 January 2016

Indictadia : Ceramide

Sumber


Ceramide? Ceramide? Ceramide? Agak asing di telinga kalian? No problem, saya juga sedikit asing dengan bahan yang satu ini. Yuk di cek Indictadia tentang Ceramide.

Yang pertama pengucapan komposisi ini adalah cer·amide atau \ˈsir-ə-ˌmīd\. Bingung pengucapannya? Buka google, masukkan kata kunci pronounce ceramide. Oke setelah mengerti tentang pengucapannya sekarang adalah pengertiannya. Ceramide sendiri adalah keluarga dari molekul komponen asam lemak yang ada di permukaan kulit. Ceramide terbuat dari sphingosine dan asam lemak. 

Kegunaan dari ceramide sendiri adalah untuk melapisi dan mempertahankan barrier kulit sehingga tidak terjadi Trans Epidermal Water Loss (TEWL) jika digabung dengan kolesterol. Jadi kulit kalian yang berminyak tapi dehidrasi atau kering bisa memakai skincare yang mengandung Ceramide. Kelebihan lainnya, ceramide juga bisa mengurangi fine lines, wrinkle, dan membantu acid mantle tetap optimal (meskipun wajib didukung dengan skincare yang bersifat asam, lihat beberapa skincare yang saya punya hampir semuanya bersifat netral)

Tetapi, ceramide sendiri juga berkurang seiring bertambahnya usia kita. Sama nasibnya dengan kolagen dan asam hialuronat (kasian deh kalian bertiga)

Lalu, kalau misalnya kulit kehilangan ceramide apa yang akan terjadi? Shortage, atau istilahnya ya konsleting. Kulit akan terasa kering, kasar dan muncul keriput lebih cepat karena barrier kulit tidak berfungsi secara optimal untuk menahan kelembaban. Daaan..... the most problemo adalah........ kulit kita lebih sensitif. Nah untuk yang kulit sensitif, coba ganti skincare kalian dengan ceramide karena kulit sensitif itu kekurangan ceramide. Eits. untuk penderita eczema / eksim juga sangat direkomendasikan untuk memakai ceramide karena akan mengurangi peradangannya

Ceramide ada tipe tipenya, akan dijelaskan lewat gambar ya :

Sumber

 Adakah cara untuk mengganti ceramide yang hilang akibat ageing / polusi / etc?

Ada! Hanya ada 1 cara yang digunakan untuk mengganti / menambah ceramide yang hilang.  Yang ditekankan disini bukan diproduksi ya, tapi diganti. Beda antara memproduksi ceramide alami dengan mengganti ceramide alami yang hilang. Apa aja sih caranya?

1.  Pilih skincare yang mengandung ceramide dan kolesterol
Kedua komposisi ini dalam satu skincare biasanya agak mahal untuk dicoba, tapi kalau dicoba sekali seumur hidup ya enggak kenapa kenapa sih :p (ya memang tidak bisa di pungkiri kalau tergelitik mau coba). Nah untuk kedua komposisi ini saya vote Dr. Jart+ Ceramidin series terutama Skin Saver Liquidnya. Entah ada setan dari neraka mana kali ya merujuk saya untuk memasukkan ke dalam wishlist. Kolesterol disini bukan yang ada di makanan terus kalian tuang ke wajah, enggak. Nanti, tunggu bahasannya ya :) 
Untuk merk brand skincare lain (tidak menutup kemungkinan juga kalau makeup) yang mengandung ceramide adalah (setau saya aja) : CeraVe, Elizabeth Arden, Dr. Jart+, Cosrx (Terutama Honey Ceramide), selanjutnya saya tidak tahu lagi hahahaha

Sayang sekali, saya hanya bisa menjelaskan itu saja karena kepepet akan tugas prolog. Kalau ada yang ingin ditanya atau request pembahasan apa untuk selanjutnya silahkan tulis komentar kalian ya

2 comments:

  1. duh za gara - gara postinganmu aku jadi kepikiran mau beli face oil nih. enakan pake yang mana ya?
    aku baru tahu masalah ceramidin ini, ternyata ada toh.haha *kurang gawl*

    ReplyDelete
  2. face oil bisa pake yang mana aja ka dien, tapi kalau mau coba bisa pake yang dijual pasaran / OTC gitu kayak merk dari korea atau merk lokal. Nah kalau udah berpengalaman pengen coba yang lebih strong oilnya bisa beli merk Garden of Wisdom atau Mountain Rose Herb

    Masalah ceramidin? Dr jart+ ceramidin ka dien? Atau salah ketik nih hahahaha :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana kami. Kami berharap kamu bisa mendapatkan info yang berguna dan bermanfaat. Komentar berupa kritik dan saran sangat kami apresiasikan.
Share, join, dan ikuti perkembangan blog ini terus ya :)